Workless, Makemore (review buku) bag 2

Sebelumnya kita bahas dari bab 1 sampai bab 3.

cek : https://ceritafinancialfreedom.blogspot.com/2024/08/workless-earnmore-review-buku.html




Yuk kita lanjut tentang "BUILDING A TEAM"

Ini penting, karena kita tidak mungkin melakukannya semua sendirian terus menerus.

Waktu kita terbatas

Skill dan kemampuan kita terbatas

Uang kita terbatas

dan kita akan makin tua.


jadi penting kita untuk :

- Delete : hapus pekerjaan-pekerjaan yang bernilai rendah. Evaluasi aktivitas kita dalam 1 bulan, lalu lihat mana yang penting mana yang tidak penting. mana yang urgent, mana yang bisa ditunda.

- Delegate : lihat dari pekerjaan di daftar yang sudah dibuat. mana yang bisa didelegasikan. Yang kamu gak suka kerjain, atau lebih bagus jika dikerjakan oleh orang lain. 

Tugas tersulit adalah "to let go" aktivitas yang menyenangkan tapi low return.

- Do : setelah ketemu mana yang di delete, mana yang di delegate, sekarang pilih absolute highest-level activities yang benar benar important and urgent. .

Inilah ultimate goal of building a team : to ensure you do only those high-level, high-impact tasks, and then build a routine around them

- Detail : selanjutnya melakukan evaluasi dan merekam aktivitas. Tulis di agenda kerja dan lakukan evaluasi rutin (harian, mingguan, bulanan)

Lakukan ini dulu sendiri. Baru setelah ketemu pola yang optimal, buat sistem dan delegasikan.


Pertanyaan berikutnya : Mulai dari mana? Siapa yang bisa atau mau jadi tim kita?

.

Inilah pentingnya kita attract dan menjaga orang yang bagus mau bersama kita.

Tips :

1. Use filters and checklists

Waktu terbaik memecat seseorang adalah sebelum kita rekrut. 

Buatlah aturan dan checklist orang seperti apa yang dicari.

Misal :

- karakter apa, bagaimana melihatnya dengan cepat

- skill apa, bagaimana mengujinya dengan cepat

- harganya berapa

- apalagi ya?

.

2. Down tools and manage

Ketika sudah mendapatkan orang tersebut, jangan lagi kamu yang kerjakan. Biar tim yang kerjakan, termasuk dokumen, komunikasi, prosedur, dan semuanya. 

Kita fokus untuk komunikasikan apa sih ekspektasi dari pekerjaan mereka dan memonitornya secara rutin. Bikin KPI.

Berikan reward atas sikap yang sesuai dengan value perusahaan.

.

3. Conduct regular tune-ups

Hal paling penting ketika kita mulai bekerja adalah ketemu dan berdiskusi apa yang akan dikerjakan di hari ini. Tulis di papan. 

Apa tujuannya?

1. Menghindari pekerjaan sama dilakukan orang banyak orang (Eliminated overlap)

2. Mengurangi miscommunication

3. Memperbaharui focus kerja

4. Memberi informasi terbaru dari perusahaan atau produk

5. Mengidentifikasi area kerja mana yang sedang memerlukan support

.

4. Terus tanamkan Visi, Misi, Budaya Perusahaan dengan tim

Misal : Jujur, komunikasi, confidentiality, high-level skills. 

Fokus pada customer dan memberikan hasil nyata untuk pelanggan.

.

5. Ajak tim untuk proaktif

Terbukalah dengan tim tentang bisnis yang dibangun. Apa goalnya secara spesifik? 

Tanya bagaimana pendapat mereka dan menurut mereka bagaimana caranya agar goal itu bisa tercapai?

Dengarkan dan hargai masukannya.

Beri kesempatan untuk menjalankan rencana itu.

Investasilah pada proses dan manfaat untuk semua.

.

.

Bagaimana?

Udah ngebul atau mau lanjut?

Komen yaaaaa



Dapetin Template Pensiun dengan Bitcoin : 

=> https://trakteer.id/annasahmad/showcase

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BTC - Yuk Koreksi Dulu

Berapa modal yang diperlukan buat tercapai financial freedom?

3 Strategy Mengambil Profit dari "Capital Gain" BTC